Terapi yang Berhasil untuk Kemarahan

Meskipun amarah saja tidak selalu berbahaya – dan dapat dipahami sebagai respons terhadap banyak situasi – amarah kronis (tidak terkontrol) dan tidak terkontrol dapat merusak kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dalam kasus yang parah, hal itu bahkan dapat merusak hubungan dan karier interpersonal Anda.

Jika Anda merasa selalu merasa marah dan kemarahan ini terjadi dalam hidup Anda, maka inilah saatnya untuk mengeksplorasi terapi.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus berurusan dengan orang-orang dalam hidup Anda yang sangat marah. Anda mungkin ingin membantu orang yang Anda cintai dengan amarah yang tidak terkendali sambil membantu mengendalikan emosi Anda sendiri.

Kapan dan bagaimana terapi bisa mengatasi amarah

Sumber Terpercaya Penelitian menunjukkan bahwa terapi dapat menghasilkan perubahan positif di otak dalam jangka panjang.

Terapi dianggap sebagai bagian penting dari rencana pengelolaan amarah. Seluruh tujuan terapi adalah untuk membantu Anda menguasai strategi yang akan membantu Anda mengubah perilaku Anda menuju pemicu dan mengelola amarah Anda lebih baik saat itu terjadi.

Terapi juga dapat membantu jika Anda memiliki anggota keluarga atau orang terkasih yang masalah amarahnya memengaruhi Anda.

Kemarahan bisa disebabkan oleh masalah yang masih tersembunyi atau belum terselesaikan seiring berjalannya waktu, trauma, atau bahkan masalah yang tampak seperti gejala depresi. Kemarahan bisa menjadi gejala dari banyak kondisi kesehatan mental, termasuk:

  • gangguan kepribadian antisosial
  • kegelisahan
  • Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
  • gangguan bipolar
  • depresi
  • karena gangguan disosiatif seperti trauma
  • gangguan ledakan intermiten
  • pelecehan terhadap oposisi
  • gangguan stres pasca-trauma (PTSD)
  • gangguan tidur

Perawatan dapat membantu jika Anda kesulitan mengelola amarah. Bergantung pada penyebabnya dan seberapa parah amarah Anda, ahli kesehatan mental mungkin merekomendasikan terapi khusus. Terkadang ini dikombinasikan dengan obat-obatan.

Meski tidak menyembuhkan kondisi kesehatan mental, terapi dapat meningkatkan kualitas hidup dengan memperbaiki gejala. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hubungan dan komunikasi interpersonal yang lebih baik dengan orang-orang yang mungkin terpengaruh oleh amarah.

Terapi antraks pada anak-anak dan remaja

Meskipun wajar bagi anak kecil untuk memancing kemarahan dari waktu ke waktu dan remaja menjadi mudah tersinggung dari waktu ke waktu, kemarahan yang sering terjadi dapat menunjukkan masalah yang mendasarinya.

Jika Anda merasa amarah anak Anda sudah keluar dari tangan Anda, bicarakan dengan dokter anak Anda sebagai langkah pertama. Bergantung pada situasinya, mereka mungkin menyarankan penilaian status kesehatan mental Anda sebelum merujuk Anda ke terapis.

Untuk anak kecil, teknik manajemen orang tua (PMT) dapat membantu. PMT berfokus pada penguatan positif dengan menghargai perilaku yang baik, daripada menghukum anak karena ledakan amarah.

Kemarahan adalah emosi normal pada anak-anak dan remaja yang mungkin mengalami perubahan hidup. Jika Anda masih kecil dalam situasi ini dan merasa marah serta kewalahan, bicaralah dengan orang dewasa yang tepercaya. Ini bisa menjadi orang tua, guru atau konselor sekolah.

Terapi apa yang memengaruhi amarah?

Terapi adalah elemen kunci dalam menangani masalah kemarahan kronis. Alih-alih menahan amarah, tujuan terapi secara keseluruhan adalah membantu Anda mengatasi hubungan yang lebih sehat dan seimbang dengan emosi Anda.

Pakar kebersihan mental dapat membuat rekomendasi terapi khusus berdasarkan tingkat keparahan kemarahan dan penyebabnya. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari terapi jika Anda tersentuh oleh kemarahan orang yang Anda cintai.

Berikut ini terapi paling efektif yang digunakan untuk mengatasi amarah.

Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

CBT adalah teknik psikoterapi yang digunakan dalam berbagai program kesehatan mental. Ini bekerja dengan membantu Anda mengidentifikasi apa yang menyebabkan kemarahan Anda dan bagaimana Anda biasanya bereaksi terhadap pemicu ini.

Dia kemudian menggunakan terapis untuk mempelajari cara-cara baru untuk menanggapi kemarahan. Jenis terapi ini juga dapat membantu mengatasi amarah yang disebabkan oleh trauma emosional.

Jika Anda memiliki seseorang yang Anda cintai dengan masalah amarah, CBT juga dapat membantu Anda mempelajari cara menghadapi situasi seperti itu. Dalam kasus seperti itu, terapis Anda akan memandu Anda melalui respons yang sehat terhadap kemarahan orang lain.

Terapis Anda akan membantu Anda menentukan tujuan dan hasil pribadi Anda sehingga Anda dapat secara bertahap mengubah pikiran dan perilaku Anda – dan tetap berpegang pada perubahan itu.

Baca juga:

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.