gerakan dari aliran Hambali

ARAB SAUDI

Sejarah Singkat Arab Saudi Modern

Arab saudi modern sebagaimana yang ada saat ini memulai perjalanan sejarahn melalui gerakan Muwahhidun. Gerakan ini pada dasarnya adalah gerakan dari aliran Hambali yang mana gerakan ini memiliki tujuan memurna kembali ajaran islam agar kembali seperti islam yang dibawa oleh nabi Muhammad saw.
Pendiri gerakan ini adalah muhammad ibn abd wahhab, dilahirkan pada tahun 1703M., putra dari seorang hakim di Uyainah, suatu desa di Arab tengah tepatnya di Nejd yang bisa dikatakan sebuah daerah terasaing yang sangan tandus dan hanya hanya dihuni badui pengenbala ternak. Gerakan ini kemudian disebut garakan wahhabi atau wahhabisme, yang mana gerakan ini yang kemudian menggerakan bangasa al sa’ud untuk melawan turki ustmani.
Sejarah awal al sa’ud tidak terlalu diketahui sebab ia awalnya hanyalah salah satu penguasa di jazirah arab, al sau’ud adalah penguasa dariyah, sebuah daerah yang bisa dikatakan milik al sa’ud sebab jalannya hukum adalah sesuai yang di kahendaki al sa’ud. Kemudiannya sa’ud dan abd wahhab mendirikan sebuah pemerintahan dengan pembagian al sa’ud dibagian pemerintahan dan abd wahhab dibagian keagamaan. untuk mendukung persekutuan mereka terjadilah perkawinan.
Persekutuan bagsa saud dan pengikut wahhabi dimulai dengan penyerangan mereka terhadap bentuk-bentuk penyimpangan yang menurut mereka mengarah kepada kemusyrikan, mereka menyerang karbala yang menjadi pusat sekte syiah dengan penyerangan yang membabi buta, mereka juga menyerang makkah dan madinah dengan menghancurkan banyak macam bentuk kemusyrikan. Penyerangan ini memiliki keuntungan yang besar untuk kedua kelompok yang terlibat, yaitu penyebaran paham wahhabi dan perluasan kekuasaan bansa sa’ud. Untuk memberantas gerakan ini turki ustmani mengirimkan utusan yakni muhammad ali pasha dari mesir untuk melawan mereka hingga kemudian derakan ini padam.
Setelah mengalami pasang surut perjalanan penaklukan dan kekalahan yang sangat pajang hingga meninggalnya su’ud dan digantikan oleh anaknya abd al aziz ibn su’ud. Perlu diketahui bahwa dalam mendirikan kekuasaannya bangsa saud memiliki hubungan diplomatik dengan orang Inggris, namun karena ikhwah sebutan untuk orang-orang yang mengikuti persekutuan wahhabi-saudi tidak menyukai hubungan diplomasi ini Ibn Sa’ud cenderung memakai politik muka dua.
Setelah mengalami perjalan panjang tepatnya pada 23 september 1932 kerajaan Arab Saudi benar-benar berdiri, dengan masyarakat diharapkan tunduk pada pemerintahan keagamaan Wahhabi, yang mana pengaruh wahhabi ada hampir dibanyak eleman yang memungkinkannya tersebar seperti dalam sistem pendidikan dan keagamaan.


Sumber: https://ngegas.com/

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.