Siapa itu Generasi Alfa (Alpha)

Menurut Strauss dan Howe dalam bukunya Generation: The History of America’s Future, perubahan generasi terjadi dalam masyarakat setiap 20 tahun. Beberapa dari Anda mungkin mengenal Generasi X, Generasi Y atau Milenium, dan Generasi Z. Nah, ada istilah baru untuk menyebut generasi berikutnya, Generasi Alfa.

Siapakah Generasi Alpha?

generasi alfa
Sumber: Maclean
Bisa disebut Generasi Alfa adalah anak dari Generasi Milenial dan adik generasi Generasi Z. Generasi yang akan datang lahir pada tahun 2010 hingga 2025.

Istilah Alpha Generation muncul pada tahun 2005, namanya ditentukan oleh penelitian yang dilakukan oleh Mark McCrindle, seorang analis sosial dan demografi.

Karena generasi sebelumnya menggunakan huruf terakhir dari alfabet romawi, nama tersebut ditentukan dengan mengikuti pola alfabet yunani yang diawali dengan ‘alpha’.

Generasi tidak hanya dibentuk berdasarkan orang yang lahir pada saat bersamaan. Setiap generasi yang tumbuh dan berkembang di tahun depan tentunya memiliki karakternya masing-masing. Karakter ini dipengaruhi oleh politik, budaya, atau peristiwa yang terjadi selama periode tersebut.

Cicit yang dekat dengan cucu

Misalnya, Generasi Baby Boomer pasca perang di tahun 40-an hingga 60-an memiliki karakter yang lebih tangguh untuk stabilitas. Ia memuji para pemimpin karena sering bertabrakan dengan generasi muda.

Yang lain memiliki generasi X yang lebih skeptis dan individualistis, diikuti oleh generasi Y yang lebih fleksibel dan lebih dapat diubah.

Faktanya, tidak jelas seperti apa karakter tipikal seperti Generasi Alpha, jadi semuanya masih dalam tahap awal. Namun, orang-orang dari generasi ini dianggap tidak berbeda dengan generasi Z yang memiliki keserbagunaan dalam menggunakan teknologi tersebut.

Ngomong-ngomong, Generasi Alpha dikatakan memiliki keuntungan lebih besar untuk sukses di industri digital dibandingkan dengan Generasi Z.

Dunia di Generasi Alpha

tanda-tanda anak kecanduan gadget
Anak Generasi Alfa adalah generasi pertama yang benar-benar hidup berdampingan dengan teknologi canggih sejak lahir. Untuk beberapa alasan, ini sering disebut sebagai “generasi digital”.

Kehadiran anak usia dua tahun yang sudah bisa menggunakan software tertentu tentu mengejutkan sekarang.

Untuk mendukung perluasan tersebut, beberapa kurikulum pendidikan di beberapa negara mulai meningkatkan program pemrograman komputer di sekolah dasar dan menengah.

Kurikulum bertujuan untuk membantu pembentukan siswa yang kreatif dan mampu menggunakan teknologi untuk menghasilkan solusi dalam memecahkan masalah.

Tumbuh di era dimana teknologi terus berkembang, Alpha Generation dapat memainkan peran yang sangat penting dalam mempengaruhi berbagai industri untuk terus berkembang dan berinovasi.

Generasi Alpha juga memberikan dinamika dunia. Dengan akses yang mudah dan komunikasi global, anak-anak yang termasuk dalam generasi ini lebih mampu memperoleh keterampilan komunikasi linguistik.

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.