BUDIDAYA BAWANG KUCAI DI POT

BUDIDAYA BAWANG KUCAI DI POT

BUDIDAYA BAWANG KUCAI DI POTBUDIDAYA BAWANG KUCAI DI POT

Tanaman kucai adalah tanaman jenis rempah yang biasanya untuk penyedap rasa pada masakan , juga bisa untuk bahan dasar obat herbal. Daun kucai juga bisa mengobati sakit saraf kepala seperti yang saya tulis pada artikel sebelumnya.

Karena sangat penting dan bermanfaatnya tanaman ini , maka kali ini saya akan menyampaikan cara menanam / budidaya kucai / bawang kucai di pot / polibag.

Bahan yang diperlukan untuk menanam bawang kucai antara lain:

1. Pot / polibag
Pot atau polibag yang diperlukan ukuran sedang diameter 25 cm , pilih polibag yang berwarna hitam atau pot ( juga bisa kaleng bekas dan lubangi bagaian bawahnya )

2. Bokashi atau kompos
Kompos atau bokashi dicampur dengan tanah karena kandungan bahan organik yang tinggi akan mempercepat pertumbuhan tanaman, campur dengan tanah perbandingan 1:1 kemudaian tambahkan furadan 3 g satu sendok tiap polibag /pot. Selanjutnya masukkan kedalam pot atau polibag dan dirapatkan.

3. Bibit bawang kucai
Bibit kucai berasal dari tanaman kucai yang sudah tua dan mengeluarkan bunga , lalu bunga menjadi kering dan disitulah biji kucai diperoleh ,bunga yang sudah tua di petik lalu di gosok dengan tangan untuk memisahkan biji dari kulitnya.

4. Bahan yang diperlukan lainya yaitu air ,sekop kecil, slang dan gembor atau alat untuk membasahi tanaman.

Cara menanam / budidaya bawang kucai di pot /polibag

Lakukan penyiraman pada pot/ polibag yang telah diisi denganbokashi bercampur dengan tanah sampai basah merata. Selanjutnya taburkan biji kucai kedalam pot/polibag, lalu taburkan tanah lembut tipis diatasnya .

Perawatan tanaman kucai / bawang kucai.

Penyiraman dilakukan dengan air yang tidak deras tiap hari untuk tanaman yang masih baru agar biji kucai tidak loncat , selanjutnya 2 hari sekali atau bila tanah terlihat kering.

Penjarangan dan penyulaman dilakukan bila tanaman bergerombol tidak merata di pindahkan ke pot/ polibag yang lain agar pertumbuhan merata. Pemindahan tanaman dilakukan ketika panjang tanaman minimal 3 cm dan keadaan tanah harus basah.

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kompos / bokashi ,dilakukan 2-3 minggu sekali.

Pembersihan gulma dilakukan 2 mniggu sekali atau bila rumput penganggu telah tumbuh.

Demikian cara menanam / budidaya kucai / bawang kucai dipot / polibag. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://obatpenggemukbadan.id/google-pecat-karyawan-penyebar-memo-anti-keberagaman/

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.