Teknik Pengambilan sampel kluster berstrata (srtatified cluster)

Teknik Pengambilan sampel kluster berstrata (srtatified cluster)

       Cara menyeleksi sampel dengan cara memilih kluster-kluster secara random untuk setiap unit sampling. Keuntungannya adalah mengurangi keanekaragaman sampling cluster sederhana. Kelemahannya adalah karakteristik-karakteristik kluster bisa berubah sehingga keuntungannya dapat hilang karena itu tidak dapat dipakai untuk penelitian berikutnya.

  1. Repetisi: Multiple atau Sequensial (berurutan

       Dua sampel atau lebih dari kluster di atas (F) diambil dengan menggunakan hasil-hasil dari sampel yang lebih dahulu untuk merancang sampel-sampel berikutnya. Keuntungan menggunakan teknik ini adalah memberikan estimasi karakteristik populasi yang memfasilitasi perncangan yang efisien untuk sampel berikutnya. Kelemahan teknik ini adalah penghitungan dan analisis akan dilakukan berulang-ulang. Sampling berurutan hanya dapat digunakan jika suatu sampel yang kecil dapat mencerminkan populasinya.

  1. Desain non probabilitas.
  2. Penilaian (judgement)

Memilih sampel dari sesuatu populasi didasarkan pada informasi yang tersedia, sehingga perwakilannya terhadap populasi dapat dipertanggungjawabkan. Keuntungannya adalah unit-unit yang terakhir dipilih dapat dipilih sehingga mereka mempunyai banyak kemiripan. Kerugiannya adalah memunculkan keanekaragaman dan bias estimasi terhadap populasi dan sampel yang ndipilihnya.

  1. Kesesuaian (Convenience)

Memilih unit-unit analisis dengan cara yang dianggap sesuai oleh peneliti. Keuntungannya adalah dapat dilakukan dengan cepat dan murah. Kelemahannya adalah mengandung sejumlah kesalahan sistematik dan variabel-variabel yang tidak diketahui.

  1. Teknik bola salju.

Memilih unit-unit yang mempunyai karakteristik langka dan unit-unit tambahan yang ditujukan oleh responden sebelumnya. Keuntungannya adalah hanya digunakan dalam situasi-situasi tertentu. Kelemahannya adalah perwakilan dari karakteristik langka dapat tidak terlihat di sampel yang sudah dipilih.

Cara menentukan ukuran sampel

       Salah satu cara untuk menentukan ukuran sampel dengan cara melihat tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 1%, 5% dan 10% sebagai berikut:

Tabel Ketentuan Jumlah Sampel dengan Jumlah Populasi Tertentu dengan Tingkat Kesalahan 1%, 5% dan 10%.

 

Sumber :

https://jilbabbayi.co.id/nokia-8-resmi-dirilis-ini-spesifikasinya/

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.