Jenis Data

 Jenis Data

Data untuk suatu penelitian dapat dikumpulkan dari berbagai sumber. Data data dikumpulkan dari latar data yang berbeda. Latar data yang dimaksud ialah latar natural dimana fenomena atau peristiwa secara normal  terjadi yang disebut noncontrived settings, dan latar artifisial (artificial setting), baik di laboratorium, dalam rumah responden, di jalan atau di mall yang disebut contrived settings. Data juga dapat bersumber dari dalam organisasi yang dinamakan sumber atau data intern dan dari luar organisasi yang dinamakan sumber atau data ekstern. Sumber data ekstern dibedakan atas sumber data primer dan sumber data sekunder.

  1. Data Primer:

Untuk beberapa proyek penelitian, sumber data adalah penting untuk menggunakan sumber-sumber primer disamping sumber-sumber sekunder.  Apa bedanya? Sumber primer / data primer adalah suatu obyek atau dokumen original, material mentah dari pelaku yang disebut “first hand information”. Data yang dikumpulkan dari situasi aktual ketika peristiwa terjadi dinamakan data primer. Individu, kelompok fokus dan satu kelompok responden secara khusus sering dijadikan peneliti sebagai sumber data primer. Oleh karena itu, ketika merancang pertanyaan, dibedakan  tipe pertanyaan, yakni pertanyaan faktual personal yang didalamnya responden memberikan informasi personal tentang berbagai hal yang menyangkut diri, sikap, dan perilaku, pertanyaan faktual tentangorang lain yang didalamnya responden memberikan informasi personal tentang orang lain, dan pertanyaan faktual informan yang didalamnya kita menempatkan orang yang diwawancara atau melengkapi kuesioner dalam posisi informan dari pada sebagai responden yang menjawab pertanyaan tentang diri mereka sendiri.

Data ini berupa teks hasil wawancara dan diperoleh melalui wawancara dengan informan yang sedang dijadikan sampel dalam penelitiannya. Dapat direkam atau dicatat oleh peneliti.

  1. Data Sekunder.

Data sekunder merupakan data yang dikumpulkan dari tangan kedua atau dari sumber-sumber lain yang telah tersedia sebelum penelitian dilakukan. Data yang dikumpulkan melalui sumber-sumber lain yang tersedia dinamakan data sekunder. Sumber sekunder meliputi komentar, interpretasi atau pembahasan tentang materi original. Sumber sekunder dapat dikatakan sebagai “second-hand information”.

Recent Posts

 

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.