Kopi Gayo Banyak Diekspor Ke Eropa

Kopi Gayo Banyak Diekspor Ke Eropa

Kopi Gayo Banyak Diekspor Ke EropaKopi Gayo Banyak Diekspor Ke Eropa

Kopi Gayo, yang berasal dari Aceh, dikenal sebagai salah satu kopi terbaik dunia. Saat ini kopi arabika yang berasal dari dataran tinggi Tanah Gayo tersebut dalam jumlah banyak diekspor ke negara-negara Eropa selain ke Amerika Serikat dan Asia.

“Dari uji citarasa, kopi arabika Gayo mempunyai peringkat premium, dan ketika ini telah diekspor ke 17 negara di Eropa, selanjutnya Amerika Serikat dan sebagian negara-negara tempat Asia,” kata Wakil Bupati Aceh Tengah Khairul Asmara di Takengon, Aceh, Kamis.

Melalui Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah Mustafa Kamal ketika menjamu akseptor “Coffee Tour” dari Eropa, Wakil Bupati optimistis pasar kopi arabika yang dihasilkan petani wilayahnya terus membaik dimasa mendatang.

Wakil Bupati juga menjelaskan wacana kondisi perkebunan dan para petani kopi di Aceh Tengah.

Pemerintah dan masyarakat Aceh Tengah berkomitmen menjaga lingkungan terutama hutan sebagai faktor pendukung kualitas tumbuhan kopi di daerah yang berhawa sejuk itu.
Hingga ketika ini, luas lahan kopi arabika Aceh Tengah mencapai 48.300 hektare, dengan rata-rata produksi 720 kg/hektare.

“Melalui akta indikasi geografis pada 2010 itu semakin menguatkan merek kopi arabika Gayo menurut daerah asal produk,” kata Wakil Bupati Aceh Tengah menambahkan.
Kunjungan rombongan “Coffee Tour” itu difasilitasi Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) Medan.

Sementara itu konsultan YEL Medan Frey Regina menyampaikan kedatangan mereka ke Aceh Tengah untuk melihat pribadi kondisi tumbuhan kopi dan tempat hutan daerah berhawa sejuk itu.
Selain itu pihak YEL turut juga menyosialisasikan misi dalam rangka konservasi hutan dan pengembangan kopi, termasuk di kabupaten Aceh Tengah.

“YEL bergerak di bidang konservasi hutan, melindungi tumbuhan dan fauna dari kepunahan sekaligus memberdayakan para petani, termasuk petani kopi di Aceh Tengah biar mereka lebih fokus kepada pertanian organik,” kata beliau menjelaskan.

 

 

Recent Posts

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.