Penggunaan Avenza Maps

Penggunaan Avenza Maps

Penggunaan Avenza MapsPenggunaan Avenza Maps

Avenza Maps atau yang juga dikenal dengan nama PDF Maps merupakan aplikasi geotagging dengan menggunakan fitur “GPS” atau “Lokasi” yang bisa dijalankan pada telepon pintar (smartphone) berbasis sistem operasi Android atau IoS (produk dari Apple) (Kaho, 2017). Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah ketika telah diinstal dan disetting, maka dalam penggunaannya di lapangan tidak lagi membutuhkan koneksi internet atau dengan kata lain aplikasi ini tetap dapat digunakan pada lokasi yang belum ada sinyal internet maupun jaringan telekomunikasi (contoh: Telkomsel, Indosat, dll) sekalipun (Kaho, 2017).

Rezki (2018) menjelaskan penggunaan avenza maps dimulai dengan menginstal aplikasi avenza maps pada smartphone lalu menginpor peta dan menggunakan fungsi peta. Fungsi peta tersebut terdiri dari penandaan lokasi, mengedit informasi (placemark), tracking, mengukur jarak dan luas, dan mengekspor data dengan tipe file *.gpx. 

GeotaggingFoto Digitasi

Geotagging adalah proses penambahan identifikasi geografis metadata dengan berbagai media seperti foto, video, website, pesan SMS, atau RSS feed dan merupakan bentuk metadata geospasial. Data ini biasanya terdiri dari (latitude and longitude coordinates) koordinat lintang dan bujur, meskipun mereka juga dapat mencakup ketinggian, bantalan, jarak, akurasi data dan nama tempat. Hal ini biasanya digunakan untuk foto.

Geotagging dapat membantu pengguna menemukan berbagai macam informasi spesifik lokasi. Misalnya, orang dapat menemukan gambar yang diambil di dekat sebuah lokasi tertentu dengan memasukkan koordinat lintang dan bujur menjadi gambar yang cocok untuk mesin pencari. Geotagging juga dapat berpotensi digunakan untuk mencari berita berbasis lokasi, website atau sumber daya lainnya. Geotagging dapat memberitahu pengguna mengenai lokasi dari gambar yang diberikan atau media lain atau sudut pandang dan sebaliknya pada beberapa platform media yang relevan ke lokasi tertentu.

 

Recent Posts

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.