Perlawanan Rakyat Indonesia pada Masa Kedudukan Jepang

Perlawanan Rakyat Indonesia pada Masa Kedudukan Jepang

Propaganda Jepang Untuk menciptakan kemakmuran bersama diantara bangsa-bangsa asia jauh dari kenyataan. Jepang justru secara terang-terangan menindas bangsa Indonesia secara kejam. Tata kehidupan rakyat dijungkirbalikan. Norma-norma yang berlaku di Masyarakat diinjak-injak . Akibatnya , dibeberapa tempat kemudian muncul perlawanan terhadap pendudukan militer Jepang

Perjuangan para pemimpin bangsa dalammelawan penduduk jepang dan memperjuangkan kemerdekaan dilakukan dengan cara strategi kooperasi , gerakan di bawah tanah (ilegal) dan perlawanan bersenjata.

  1. Perlawanan dengan strategi Kooperasi

Perlawanan dengan strategi kooperasi (bekerja sama) muncul disebabkan jepang melarang berdirinya semua organisasi pergerakan Nasional.  Pemerintahan Jepang mengeluarkn kebijakan yang hanya mengakui  organisasi-organisasi bentukanya yang di tunjukan bagi kemenangan Perang Asia Timur Raya. Tokoh-tokoh pejuang Nasionalis kemudian memanfaatkan semua organisasi bentukan jepang itu dengan cara menggembleng kaum muda agar terus berusaha mewujudkan kemerdekaan Indinesia. Selain itu mereka merhasil merumuskan UUD dan dasar negara yang akan di perlukan apabila negara telah merdeka.[4] Adapun bentuk perjuangan bangsa Indonesia dengan strategi kooperasi dilakukan melalui organisasi-organisasi seperti berikut.

  1. Putera (Pusat Tenaga Rakyat )
  2. Jawa Hokokai (Himpunan Kebaktian Jawa )
  3. Majelis Islam Ala Indonesia (MIAI)dan Masyumi
  4. Cuo sangi In ( Badan Pertimbangan Pusat )
  5. BPUPKI dan PPKI

Sumber :

https://civitas.uns.ac.id/kasiono/jasa-penulis-artikel/

 

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.