Systemic Variable

Systemic Variable

Kebijakan luar negeri Indonesia pada masa Orde lama cenderung bersifat peningkatan citra.  Hal ini didasarkan pada pola interaksi dan hubungan luar negeri yang dibangun pada masa Soekarno. Soekarno secara tegas dan jelas melakukan penentangan terhadap bentuk-bentuk penjajahan yang dilakukan oleh Barat dan berhasil menggalang persatuan diantara negara-negara terjajah dalam Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Indonesia menunjukkan posisinya dalam persahabatan dunia yang lebih kepada perasaan senasib sebagai negara penentang kolonialisme, dan di sisi lain berada pada posisi yang berseberangan dengan Barat, meskipun Indonesia tidak terlibat dalam persekutuan bersama dengan Uni Soviet. Kampanye Anti Nekolim dan gagasan tentang Nefos (New Emerging Forces) dan Oldefos (Old Established Forces) juga merupakan sebuah profil yang dibangun Indonesia saat itu dalam menentukan posisinya di dunia internasional. Yang lebih besar lagi, ketegasan yang dibangun oleh Soekarno dalam politik luar negeri Indonesia adalah ketika memutuskan keluar dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kesimpulan

Politik luar negeri Indonesia yang dituangkan dalam kebijakan luar negerinya pada masa orde lama didominasi oleh peranan individu yaitu peranan Presiden Soekarno. Presiden Soekarno sebagai tokoh sentral dan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap psikologis rakyat Indonesia dan pada birokrasi pemerintah. Semangat anti kolonialisme dalam pemikirian Soekarno dan juga keinginan rakyat Indonesia dianggap sebagai perwujudan kepentingan negara secara utuh. Keberpihakan politik luar negeri Indonesia yang anti pada kolonialisme menyebabkan Indonesia lebih berpihak pada kubu lain yaitu Uni Soviet, hal ini lah yang menyebabkan politik bebas aktif tidak dilaksanakan sesuai dengan prinsipnya dan mendapat kecaman dari sorotan Internasional.

https://movistarnext.com/

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.