Pemberian Pakan Itik Pedaging

Pemberian Pakan Itik Pedaging

Perawatan itik pedaging termasuk juga cara pemberian pakan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan saat memberikan pakan pada itik pedaging. Jenis pakan dan jumlahnya dibedakan berdasarkan usia bibit itik tersebut. Untuk bibit itik pedaging usia 0-16 hari gunakan wadah datar agar itik mudah untuk memakannya. Sedangkan untuk usia 16-21 hari berikan pakan pada wadah serta sebarkan pada lantai kandang. Jika itik sudah berumur 21-18 minggu maka sebarkan saja pakan di lantai.
Tambahkan pula vitamin tambahan seperti bekatul, jagung, atau tepung ikan.

Pemeliharaan Itik Pedaging :

Memelihara itik pedaging juga ada tantangannya. Tantangan paling besar adalah hama dan penyakit. Biasanya, itik pedaging akan menderita penyakit yang dinamakan dengan Duck Cholera dan Salmonelosis. Tanda-tanda umum penyakit ini adalah itik akan mencret dan terlihat sesak nafas. Cegah penyakit ini dengan memperhatikan sanitasi dan kebersihan kandang. Berikan itik tersebut vaksinasi sesuai dosis yang tertera.
Prospek Bisnis Bebek Potong (Pedaging) :
Mungkin Anda bertanya-tanya, apa benar beternak bebek potong itu menghasilkan? Sekarang, simak saja harga itik jenis ini per ekor. Pada bulan September 2012 lalu satu ekor bebek pedaging dengan berat 1.5kg ditawarkan dengan harga Rp. 38.000 per ekor. Sedangkan itik pedaging dengan berat sekitar 1.2kg hingga 1.3kg dibandrol dengan harga Rp. 33.000,- per ekornya. Harga ini adalah harga jika bebek tersebut hidup. Biasanya, ada pembeli yang ingin membeli bebek dalam keadaan mati dan sudah bersih. Silakan saja Anda sediakan tapi berilah ongkos tambahan untuk membersihkan bebek tersebut hingga siap olah.Bagaimana jika Anda memiliki bebek yang masih kecil dan berusia beberapa hari saja? Jangan salah, jika bibit itik tersebut berasal dari induk yang berkualitas dan unggul maka 1 ekor bibit itik jantan usia 3 hingga 7 hari dihargai sekitar Rp. 6.500,- per ekor. Sedangkan untuk bibit itik betina dengan usia yang sama dihargai lebih tinggi yaitu sekitar Rp. 8.500,-
Pemasaran Bebek Potong :
Untuk tahap awal, mulai beternak bibit itik jantan karena harganya lebih murah. Selain itu, bebek jantan pertumbuhannya lebih cepat dan segera bisa dipanen. Secara detail, Anda bisa memanen itik potong jantan hanya dalam waktu 2 bulan hingga 3 bulan saja dengan berat yang sudah standar. Usahakan menjual bebek yang usianya masih muda. Ini karena daging bebek muda empuk dan gurih dengan nilai gizi yang masih sangat tinggi. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang ingin memulai bisnis peternakan khususnya bisnis itik pedaging.
about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.