Cara Budidaya Itik Pedaging yang Bernilai Jual Tinggi

Cara Budidaya Itik Pedaging yang Bernilai Jual Tinggi

Daging itik sangat mudah kita temukan. Berbagai macam olahan daging ini bisa kita nikmati di restaurant atau warung yang menyediakan menu itik. Mungkin, Anda melihat peluang karena pasokan daging itik masih kurang di daerah Anda. Jika Anda memang tertarik untuk beternak itik maka pelajari dulu bagaimana cara ternak unggas ini agar panen Anda sesuai dengan permintaan pasar.

Menyiapkan Kandang untuk Itik Pedaging :

Sebelum membeli bibit itik yang unggul, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu kandangnya. Ada 3 jenis kandang yang bisa Anda siapkan untuk budidaya itik pedaging.
Pertama, Anda perlu menyiapkan kandang box khususnya untuk anak itik atau DOD yang berukuran 1 meter hingga 2 meter untu menampung 50 ekor.
Kedua, Anda bisa menyiapkan kandang yang dinamakan kandang brower. Kandang ini digunakan untuk memelihara itik remaja. Kandang ini bisa memuat sekitar 16 hingga 100 ekor itik remaja.
Ketiga, siapkan kandang layar khususnya untuk itik petelur dewasa. Kapasitas kandang ini adalah 4 ekor hingga 5 ekor itik dewasa.
Dengan memperhatikan cara budidaya itik pedaging dengan memperhatikan kandang diharapkan itik bisa berkembang secara sehat dan maksimal. Buatlah kandang dari bahan yang kuat dan tahan lama. Jangan lupa tambahkan tempat makan dan minum sesuai dengan jumlah itik yang ada dalam kandang untuk memastikan bahwa itik-itik tersebut mendapatkan makanan yang cukup.
Pemilihan Bibit Itik Pedaging yang Unggul :
Memilih bibit unggul adalah teknik budidaya itik pedaging selanjutnya. Tentunya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bibit itik pedaging yang berkualitas. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan bibit bebek atau itik berkualitas:
  • Belilah bibit itik yang sudah menetas yang berasal dari itik petelur yang sudah dijamin kualitasnya.
  • Memelihara itik jantan dan betina yang memang unggul untuk kemudian menetaskan telur-telurnya sebagai itik pedaging.
  • Membeli bibit itik DOD di tempat yang sudah direkomendasikan oleh pihak-pihak terkait seperti Dinas Peternakan.
  • Pastikan bahwa DOD tidak dalam keadaan sakit dan cacat. Bulunya haruslah mengkilat dengan warna kuning segar.
Perawatan Bibit Itik Pedaging :
Anda juga perlu mempelajari perawatan itik pedaging karena ini merupakan bagian dari teknik beternak itik pedaging yang benar. Setelah Anda mendapatkan bibit itik yang berkualitas, segera tempatkan pada kandang brooder. Sebar bibit itik tersebut secara merata dengan suhu yang sudah disesuikan dengan usia itik. Tambahkan vitamin pada makanan atau minuman bibit tersebut agar kualitasnya tetap terjaga.
about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.