Pengertian subsidi

Pengertian subsidi

Subsidi adalah kebijakan pemerintah melalui pemberian bantuan kepada produk dalam negeri agar dapat dijual dengan harga murah, sehingga dapat bersaing dengan produk impor. Subsidi ini antara lain dapat berupa tambahan dana untuk modal, fasilitas, bantuan setiap produksi, dan alat-alat (mesin-mesin).

Pemerintah mendanai subsidi melalui pendapat dari pajak. Jika subsidi meningkat, maka pajak akan meningkat. Ini berbeda dengan tarif yang mana merupakan pajak yang dibayar oleh konsumen yang menggunakan produk tersebut. Sementara itu, subsidi didanai dengan menggunakan setiap pajak pada setiap orang.

Menurut Boediono, kebijakan subsidi tidak merugikan konsumen seperti kebijakan lainnya di bidang perdagangan internasional. Setelah diberikan subsidi, besarnya konsumsi masyarakat dan harga pun tidak mengalami kenaikan. Produsen dalam negeri juga tetap bisa menambah keuntungan karena bisa menjual lebih banyak meskipun harganya tetap. Dengan demikian, kebijakan subsidi lebih baik daripada kebijakan lainnya karena alasan sebagai berikut.

  • Subsidi diberikan secara terbuka, sehingga msyrakat bisa menilai manfaat atau kerugiannya.
  • Subsidi tersebut dibiayai dengan cara yang lebih adil karena tidak terjadi distribusi pendapatan dari konsumen kepada produsen. Artinya, konsumen tidak dikenakan kenaikan harga konsumsi yang berkurang, tetapi konsumen tetap membayar dengan harga semula dan jumlah konsumsinya tidak berkurang.

2)      Tujuan Subsidi

Subsidi merupakan sebuah bantuan pemerintah yang digunakan untuk meringankan beban masyarakat. Dengan adanya subsidi masyarakat bisa menghemat pengeluaran yang berarti hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Membicarakan masalah subsidi yang dilakukan pemerintah, hal yang terlintas dipikiran  pastinya berkaitan dengan produk-produk bahan bakar minyak atau subsidi untuk makanan pokok. Memang kedua jenis barang tersebut adalah kebutuhan utama yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Sehingga pemerintah berupaya untuk meringankan beban masyarakat tersebut dengan melakukan kebijakan subsidi.

Jika dikaitkan dengan perdagangan internasional, subsidi yang diberikan oleh pemerintah tidak terbatas pada subsidi BBM maupun bahan makanan pokok, melainkan juga untuk kegiatan ekspor.

Dalam perdagangan internasional, banyak cara yang dilakukan oleh suatu negara untuk meningkatkan keuntungannya ataupun untuk melindungi barang dalam negeri mereka. Kebijakan yang dilakukan oleh negara tujuan ekspor tersebut antara lain berupa kebijakan tarif, kuota, maupun kebijakan subsidi. Dalam bahasan kali ini akan dibahas mengenai kebijakan subsidi yang dilakukan oleh pemerintah. Hal tersebut penting untuk kita ketahui karena dengan adanya subsidi diharapkan produsen dalam negeri mampu bersaing dengan produsen luar negeri.

Dengan adanya kebijakan subsidi yang dilakukan oleh pemerintah khususnya subsidi ekspor, diharapkan produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk asing dalam kancah perdagangan internasional. Dengan adanya penawaran harga yang lebih murah karena barang-barang tersebut disubsidi oleh pemerintah, harapannya adalah negara asing semakin tertarik untuk membeli barang dari produsen negara pengekspor.

Jika dilihat tujuannya secara umum, tujuan dari kebijakan subsidi antara lain:

  1. Melindungi produk dalam negeri

Dengan adanya kebjakan subsidi tersebut diharapkan produksi dalam negeri semakin meningkat sehingga tidak kalah bersaing dengan produk asing. Subsidi tersebut penting untuk dilakukan agar harga barang dalam negeri lebih murah, sehingga ketika ada impor produk asing dengan barang yang sama, produksi dalam negeri masih mampu betahan dan konsumen tidak beralih untuk menggunakan produk luar negri yang biasanya menawarkan produk dengan harga yang lebih murah.

Subsidi tersebut juga akan memberikan manfaat penting bagi produsen yang hendak mengekspor barangnya keluar negeri. Dengan penawaran harga yang lebih murah, secara otomatis konsumen luar negeri akan lebih tertatrik untuk menggunakan produk yang dimiliki.

Dengan begitu sudah terlihat secara jelas seberapa besar pengaruh dari kebijakan subsidi tersebut bagi kelangsungan produksi dalam negeri.

  1. Melindungi tenaga kerja dalam negeri

Berkaitan dengan perlindungan produk dalam negeri, tujuan lain adanya subsidi tersebut adalah untuk melindungi kelangsungan tenaga kerja dalam negeri. Hal tersebut bisa dipahami, ketika jumlah produksi naik maka secara otomatis hal tersebut juga memberikan dampak yang positif bagi kesejahteraan tenaga kerja dalam negeri.

Bisa dibayangkan, dengan adanya kebijakan subsidi yang menyebabkan peningkatan permintaan ekspor maka kemungkinan yang terjadi adalah semakin terbukanya lapangan kerja, sehingga perekonomian tenaga kerja dalam negeri akan semakin meningkat.

  1. Meningkatkan devisa negara

Hal lain yang tidak kalah penting dari adanya kebijakan subsidi tersebut adalah peningkatan cadangan devisa negara atau surplus neraca pembayaran. Dengan semakin banyaknya peneriman barang ekspor dari luar negeri, secara otomatis cadangan devisa negara juga akan meningkat. Dan secara lebih jauh kondisi tersebut akan berdampak pada peningkatan kepercayaan asing kepada pemerintah.

Jika dikaitkan dengan masalah ekonomi, semakin banyaknya devisa negara secara otomatis hal teresebut akan berpengaruh terhadap penguatan mata uanag dalam negeri. Sehingga memilki posisi yang kuat terhadap mata uang negara lain.

https://9apps.id/

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.