Hal-Hal Yang Memepengaruhi Islam Kontemporer

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Islam Kontemporer

Hal-Hal Yang Memepengaruhi Islam Kontemporer

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Islam Kontemporer

Pemikiran Islam kontemporer maksudnya adalah

pemikiran Islam yang berkembang pada masa modern (abad 19 masehi) hingga sekarang. Ciri khas pemikirannya adalah bersifat agresif yang berkembang dengan metodo pemikiran baru dalam menafsirkan Al-Qur’an dan peradaban Islam.

Peta pemikiran Islam kontemporer di Indonesia sesungguhnya tidak terlepas dari perkembangan Islam kontemporer di dunia Islam Umumnya. Hal ini disebabkan karena paraintelektual muslim Indonesia banyak belajar di Negara-negara Islam modern dan juga Negara-negara Barat. Oleh karena itu, pemikiran Islam kontemporer di Indonesia yang dilakukan olehkaum intelektual muslimnya terjadi elaborasi pemikiran antara pemikiran Islam kontemporeryang berasal dari jazirah Arab dan pemikiran Islam kontemporer yang dikembangkan oleh paraIslamolog yang ada di Universitas-universitas di Barat.

 Lukman Hakim, Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia; Membaca Masa Depan Gerakan Islam di Indonesia Sebenarnya, perkembangan pemikiran Islam kontemporer di Indonesia tidak lepas dariupaya mereka dalam menafsirkan kembali Islam (baca: Al-Qur‟ân). Menurut Dawam Rahardjo, kegiatan intelektual di dunia Islam dewasa ini dikuasai oleh sekitar lima tema sentral, yaitu: Pertama, “interpretasi kembali Al-Qur‟an”

Salah satu latar belakang gagasan interpretasikembali Al-Qur‟an adalah keinginan untuk melakukan rekonstruksi terhadap ajaran-ajaran Islamsebagai dasar pembinaan suatu masyarakat modern. Pendekatan yang diambil adalah mencariesensi-esensi ajaran Islam itu sendiri atau menggali nilai-nilai yang paling fundamental. Darititik tolak inilah disusun teori-teori baru atau konsep-konsep baru di berbagai bidang, misalnyatentang masyarakat, negara, ekonomi, pendidikan, sosiologi, lingkungan hidup, bahkan tentang bidang-bidang yang lebih sempit, seperti administrasi. Tokoh-tokohnya di antaranya adalah K.H.Imam Ghozali dari Solo, K.H. Maksum dari Yogya, K.H. Moenawar Cholil sendiri yangmenerbitkan buku berjudul “Kembali kepada Al-Qur‟an dan as-Sunnah”

Pada tahun 1956.Kemudian T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy yang menggagas fiqih baru dan menyusun tafsir (TafsirAl-Bayân dan Tafsir An-Nûr). Tokoh lainnya adalah Buya Hamka (tokoh Muhammadiyah) yangmenulis Tafsir Al-Azhar, dan Ustadz A. Hassan Bandung (tokoh Persis) yang menulis Tafsir Al-Furqan. Tema kedua, adalah “aktualisasi tradisi”.

Tema ini cenderung sebagai reaksi terhadaptema pertama ( Interpretasi Kembali Al-Qur‟ân). Penganjur tema ini bermaksud juga untukmelakukan pembaharuan pemikiran. Tapi menurut tema ini, pembaharuan hendaknya jangandilakukan dengan membuat garis demarkasi dengan Islam sejarah. Pembaharuan bukan harus berarti berimplikasi berputus dengan sejarah, melainkan justru bertolak dari warisan sejarah.

Tokoh terpenting yang mengusung tema “aktualisasi tradisi” di antaranya adalah Mohammad Natsir yang mengungkapkan kembali kebudayaan Islam klasik pada akhir dasawarsa 30-an.Kemudian Nurcholis Madjid yang menghidangkan kembali fragmen-fragmen pemikiran parafilsuf muslim masa lalu. Tema ketiga adalah“Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”.

Gagasan ini awalnya dikembangkan oleh Ismail Raji al-Faruqi yang telah menulis sebuah karyamonumental yang berjudul

The Cultural Atlas of Islam pada tahun 1986. Inti daripada gagasanIslamisasi ini adalah memberikan esensi peradaban Islam modern dengan nilai-nilai tauhid.Gagasan Islamisasi itu sendiri sebenarnya telah dicetuskan secara formal dalam suatu seminarinternasional tahun 1982 di Islamabad, di mana Ismail Raji Al-Faruqi adalah aktorintelektualnya. Gema gerakan Islamisasi ini juga masuk ke Indonesia. Salah satu tokohnyaadalah A.M. Saefuddin yang mencoba mengislamisasikan pemikiran ekonomi. Tema keempat adalah mempunyai kaitan tertentu dengan ide Islamisasi maupun interpretasi kembali Al-Qur’an.Tema ini barangkali hanya terdengar di Idonesia, melalui suara K.H. Abdurrahman Wahid (GusDur), Ketua Dewan Syura PKB dan mantan Ketua PBNU, yaitu tema.


Sumber: https://youtubers.id/call-recorder-apk/

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.