Topik, Tema dan Judul

    HomePendidikan Topik, Tema dan Judul
Topik, Tema dan Judul

Topik, Tema dan Judul

admin

Topik, Tema dan Judul

Topik, Tema dan Judul

Topik, Tema dan Judul

I.PENGERTIAN

Topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel.

Tema berasal dari bahasa Yunani “thithenai”, berarti sesuatu yang telah diuraikan atau sesuatu yang telah ditempatkan. Tema merupakan amanat utama yang disampaikan oleh penulis melalui karangannya. Dalam karang mengarang, tema adalah pokok pikiran yang mendasari karangan yang akan disusun. Dalam tulis menulis, tema adalah pokok bahasan yang akan disusun menjadi tulisan. Tema ini yang akan menentukan arah tulisan atau tujuan dari penulisan artikel itu. Menentukan tema berarti menentukan apa masalah sebenarmya yang akan ditulis atau diuraikan oleh penulis.

Judul adalah nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan lain-lain; identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis, bersifat menjelaskan diri dan yang menarik perhatian dan adakalanya menentukan wilayah (lokasi). Judul adalah lukisan singkat suatu artikel atau disebut juga miniatur isi bahasan. Judul hendaknya dibuat dengan ringkas, padat dan menarik. Judul artikel diusahakan tidak lebih dari lima kata, tetapi cukup menggambarkan isi bahasan.

I I. SYARAT-SYARAT

a.) Topik

–          Topik berhubungan dengan pengalaman dan pengetahuan kita.

–          Topik yang dipilih harus menarik dan sesuai dengan minat.

–          Topik yang dipilih memiliki ruang lingkup yang tidak terlalu luas.

–          Topik yang dipilih memiliki data dan fakta objektif bukan bersifat subjektif.

–          Topik yang dipilih harus memiliki sumber acuan.

b.) Tema

–          Bahan-bahan pertimbangan mudah diperoleh.

–          Tema yang diangkat menarik untuk penulis.

–          Tema terbatasi agar tidak terlalu meluas.

c.) Judul

–          Harus relevan, yaitu harus mempunyai pertalian dengan temanya, atau ada pertalian dengan beberapa bagian penting dari tema tersebut.

–          Harus provokatif, yaitu harus menarik dengan sedemikian rupa sehingga menimbulkan keinginan tahu dari tiap pembaca terhadap isi buku atau karangan.

–          Harus singkat, yaitu tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangklaian kata yang singkat.

Sumber : https://abovethefraymag.com/