Lulusan Kantongi Sertifikat Profesi

Lulusan Kantongi Sertifikat Profesi

Lulusan Kantongi Sertifikat Profesi

Lulusan Kantongi Sertifikat Profesi

Lulusan Kantongi Sertifikat Profesi

SMK Widya Nusantara Kota Bekasi menerapkan program Lembaga Sertifikasi Profesi

(LSP) bagi siswanya. Dengan program tersebut, lulusan sekolah ini memiliki sertifikat profesi yang dibutuhkan oleh dunia industri.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Widya Nusantara Alamsyah mengatakan, 70-80 persen siswanya telah mengantongi sertifikat profesi. Ia menjelaskan, program LSP belum diikuti oleh seluruh siswanya.

Sebab, hanya siswa terbaik yang berhak mengikuti program tersebut. Antara lain,

siswa yang menguasai materi dan kompetensi keahlian, serta berperilaku baik.

”Setiap jurusan hanya dipilih 20 siswa untuk mengikuti program LSP,” ujar Alamsyah kepada Radar Bekasi, Senin, (4/11).

Menurutnya, SMK Widya Nusantara belum memiliki lembaga khusus LSP. Sekolahnya masih mengikuti jejaring yang pelaksanaannya serentak oleh siswa SMK 2 Cikarang Barat dan SMK Mandalahayu.”

”Kita belum memiliki lembaga khusus LSP, makanya sistemnya masih jejaring.

Prosesnya dilaksanakan di 2 SMK tersebut,” katanya.

Program LSP jejaring yang diterapkan sejak 2 tahun terakhir ini baru diberlakukan pada tiga program keahlian di SMK Widya Nusantara. Yakni Teknik Komputer Jaringan, Akutansi dan Keuangan Lembaga, serta Tata Kelola Perkantoran.

”Untuk tahun ini insya allah 4 program sekaligus akan mengikuti LSP, satunya lagi yaitu jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor,” ungkapnya.

Alamsyah mengungkapkan, setiap perusahaan saat ini memiliki standar kompetensi. Melalui program ini, dia berharap lulusannya nanti dapat terserap ke dunia industri.

”Kita yakin lulusan bisa terserap karena sudah memiliki sertifikasi itu dan nilai sertifikat tersebut sesuai dengan standar mahasiswa lulusan S1 ataupun D3,” pungkasnya.

 

Baca Juga :

 

 

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.