Infringements of Privacy

    HomePendidikan Infringements of Privacy
Infringements of Privacy

Infringements of Privacy

admin

Infringements of Privacy

Infringements of Privacy

Infringements of Privacy

Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap keterangan pribadi seseorang yang tersimpan pada formulir data pribadi yang tersimpan secara computerized, yang apabila diketahui oleh orang lain maka dapat merugikan korban secara materil maupun immateril, seperti nomor kartu kredit, nomor PIN ATM, cacat atau penyakit tersembunyi dan sebagainya.
Tipenya cybercrime menurut Philip Renata :

Joy computing, yaitu pemakaian komputer orang lain tanpa izin.
Software piracy, yaitu pembajakan software terhadap hak cipta yang dilindungi Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
Hacking, yaitu mengakses secara tidak sah atau tanpa izin dengan alat suatu terminal.
The trojan horse, yaitu manipulasi data atau program dengan jalan mengubah data atau intsruksi pada sebuah program, menghapus, menambah, menjadikan tidak terjangkau, dengan tujuan kepentingan pribadi atau orang lain.
Data leakage, yaitu menyangkut pembocoran data ke luar terutama mengenai data yang harus dirahasiakan.
Data diddling, yaitu suatu perbuatan yang mengubah data valid atau sah dengan cara tidak sah, mengubah input data atau output data.
To frustate data communication atau penyia-nyiaan data komputer.
Sumber : (http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/tugas-3-softskills-ancaman-yang-dilakukan-melalui-it-dan-contoh-cyber-crime/)

Kasus Cybercrime
Berbagai permasalahan yang muncul terkait dengan cybercrime telah menyedot perhatian berbagai kalangan yang berhubungan dengan bidang TIK. Hal ini dipicu oleh semakin luasnya dimensi kejahatan di bidang cybercrime ini. Contoh kasusnya antara lain adalah:
Menurut Internet Fraud Complaint Center (IFCC), mitra dari Federal Beureau and Investigation (FBI) dan National White Collar Crime Center, antara Mei 2000 dan Mei 2001, dalam operasi tahun pertama, website IFFC menerima 30.503 keluhan penipuan internet. Laporan lengkap dapat download pada alamat:
www1.ifccfbi.gov/strategy/IFCC_Annual_Report.pdf.
Menurut Survey Institute Keamanan Komputer pada 2001, bersama dengan Squad Gangguan Komputer dari FBI,186 responden dari agen perusahaan dan pemerintah melaporkan total kehilangan keuangan diatas US$3.5 juta, sebagian besar terjadi karena pencurian informasi kepemilikan dan penipuan keuangan (lihat www.gocsi.com/press/20020407.html).
Menurut Cybersnitch Voluntary Online Crime melaporkan sistem kejahatan relasi-internet telah mencakup berbagai aspek mulai dari pemalsuan desktop hingga ke pornografi anak dan juga meliputi kejahatan seperti pencurian elektronik hingga ancaman teroris. (daftar dilaporkan cybercrimes tersedia pada alamat:

Baca Juga :