SISTEM PERANGKAT LUNAK

SISTEM PERANGKAT LUNAK

SISTEM PERANGKAT LUNAK

SISTEM PERANGKAT LUNAK

SISTEM PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak dapat diklasifikasikan ke dalam dua bagian besar, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
1. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat Lunak Sistem (system soft ware), yaitu perangkat lunak yang mengoperasikan sistem komputernya. Perangkat lunak sistem dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian sebagai berikut:
a. Perangkat lunak sistem operasi (operating system), yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan operasi dari sistem komputer.
b. Perangkat lunak sistem bantuan (utility), yaitu program yang ditulis untuk bantuan yang berhubungan dengan sistem komputer.
c. Perangkat lunak bahasa (language software), yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrogaman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.
2. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat Lunak Aplikasi (application system), yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. Perangkat lunak aplikasi dapat dapat berupa perangkat lunak aplikasi tujuan umum (general purpose application software) dan perangkat lunak aplikasi tujuan khusus (special purpose application software).
3. Sistem Operasi (OS)
Sistem operasi merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan operasi dari sistem operasi. Sistem operasi berfungsi seperti manager di dalam suatu perusahaan yaitu bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan semua operasi kegiatan perusahaan secara efisien dan efektif.  Sistem operasi umunya terdiri dari dua bagian, yaitu control program dan user interface.
Sistem operasi secara umum mempunyai fungsi seperti manajemen di dalam perusahaan yang harus mengelola sumber-sumber daya dari perusahaan. Kegiatan atau fungsi manajemen yang harus dilakukan untuk mengelola sumber-sumber daya sistem adalah :
a. Fungsi alokasi sumber daya 
Sistem operasi mengalokasikan sumber-sumber daya perangkat keras kepada program-program yang sedang menunggu untuk dieksekusi. Sistem operasi akan mengalokasikan program dan data yang mendapatkan prioritas di proses di memori utama (RAM) dan juga mengalokasikan penggunaan I/O.
b. Fungsi penjadwalan sumber-sumber daya 
Beberapa pekerjaan menunggu untuk dikerjakan oleh komputer. Sistem operasi mempunyai fungsi untuk mengatur penjadualan pekerjaan mana saja yang akan dikerjakan dan peralatan mana yang akan digunakan.
c. Fungsi pengawasan terhadap aktivitas sistem komputer
Sistem operasi akan melakukan pengawasan terhadap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh komputer dan pemakai sistem. Dengan fungsi ini, maka pekerjaan-pekerjaan tidak akan tercampur milik pemakai satu dengan pemakai yang lainnya.
Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
• Menyimpan program dan aksesnya
• Membagi tugas di dalam CPU
• Mengalokasikan tugas-tugas penting
• Merekam sumber-sumber data
• Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
• Memeriksa kesalahan sistem
• Multitugas pada OS/2?, Windows ’95?, Windows ’98?, Windows NT”, /2000/XP
• Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
4. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
 Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
 Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
 Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi   pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++
5. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
• Norton Utility
• Winzip
• Norton Ghost
• Antivirus
about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.