SISMENNAS

SISMENNAS

SISMENNAS

SISMENNAS

SISMENNAS

SISMENNAS merupakan suatu himpunan usaha nasional secara menyeluruh yang memadukan pengertian manajemen sebagai perilaku. Dengan kata lain bahwa SISMENNAS merupakan suatu sistem dimana Managemen merupakan faktor upaya yang menggunakan organisasi sebagai faktor sarana serta administrasi sebagai faktor karsa yang member arah dalam kebijaksanaan pemerintah.

Administrasi meliputi  bidang :

  1. a)      Administrasi Negara
  2. b)      Administrasi Niaga

*UNSUR-UNSUR MANAJEMEN KETATANEGARAAN

Meliputi  hal- hal sebagai berikut :

  • Negara : sebagai organisasi kekuasaan yang mempunyai hak dan peranan terhadap pemilikan, pengaturaan, dan pelayanaan yang diperlukan dalam ranga mewujutkan cita- cita bangsa.
  • Bangsa Indonesia : sebagai unsur pemilik Negara yang berperen menentukan system nilai ndan arah serta haluan negera sebagai landasan dan pedoman bagi penyelengraan fungsi Negara.
  • Pemerintah : sebagai Manager dan Penguasa dalam penyelengraan fungsi pemerintahan umum.
  • Masyarakat : sebagai unsur Penunjang dan Pemakai sebagai contributor, penerima, dan konsumen bagi hasil kegiatan penyelengraan fungsi pemerintahan.

*Secara Structural UNSUR UTAMA SISMENNAS tersusun atas 4 tatanan, yaitu :

  1. Tata Laksana Pemerintahan (TLP)
  1. Tata Administrasi Negara (TAN)
  2. Tata Politik Nasional (TPN)
  3. Tata Kehidupan Masyarakat (TKM)

Secara proses SISMENNAS berpusat pada suatu rangkaian pengambilan keputusan yang berwenagan pada tatanan TAN dan TLR. Kata wewenang berarti bahwa keputusan itu bersifat mengikat dan dapat dipaksakan dengan sangsi- sangsi tertentu yang ditujukan pada masyarakat umum.

*FUNGSI SISMENNAS

Fungsi pokok SISMENNAS adalah pemasyarakatan politik. Hal ini berarti bahwa segenap usaha dan kegiatan diarahkan pada penjaminan hak dan penerbitan kewajiban rakyat. Hak rakyat adalah berupa terpenuhinya berbagai kepentingan sedangkan kewajiban rakyat berupa likutsertaan dan tangung jawab bagi terbentuknya situasi dan kondisi kewarganegaraan yang baik.

Ø  Dalam prosesnya Arus Masuk terdapat 2 fungsi:

  1. a)      Fungsi Pengenalan Kepentingan : untuk menemukan dan mengenali serta merumuskan berbagai permasalahan dan kebutuhan rakyat yang terdapat pada struktur Tata Kehidupan Masyarakat.
  2. b)      Fungsi Pemilihan Kepemimpinan : untuk memberikan masukan tentang tersedianya orang- orang yang berkualitas guna menempati derbagai kedudukan dan jabatan tertentu yang menyelengarakan berbagai tugas dan prkerjaan dalam rangka TPKB.

*Tata Pengambilan Keputusan Berwenangan (TPKB) merupakan inti SISMENNAS yang meliputi fungsi :

  1. Perencanaan, sebagai rintisan dan persiapan sebelum pelaksanaan.
  2. Pengendalian, sebagai pengarahan, bimbingan dan koordinasi selama pelaksanaan.
  3. Penilaian, untuk memperbandingkan hasil pelaksanaan dengan keinginan setelah pelasaknaan selesai.

Ø  Dalam aspek Arus Keluar secara fungsional SISMENNAS untuk menghasilkan :

  1. a)Fungsi Pembuatan Aturan (Rule Making) : Aturan, norma, patokan dan pedoman sebagai cara yang singkat dalam kebijaksanaan umum.
  2. b) Fungsi Penerapan Aturan : Penyelengaraan, penerapan, penegakan, atau pelaksanaan berbagai kebijaksanaan nasional yang lazimnya dijabarkan dalam program berbagai kegiatan.
  3. c) Fungsi Penghakiman Aturan : Penyelesaian segala macam perselisihan, pelanggaran dan penyelewengan yang timbul sehubungan dengan penentuan kebijaksanaan umum dalam rangka pemeliharaan tertip hukum.

Baca Juga : 

about author

admin

admin@worldbikelx.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.