Manfaat Metode Fonik Dalam Mengajar Bahasa Inggris

    HomeUmum Manfaat Metode Fonik Dalam Mengajar Bahasa Inggris

Manfaat Metode Fonik Dalam Mengajar Bahasa Inggris

admin

Manfaat Metode Fonik Dalam Mengajar Bahasa Inggris

Mengajarkan menyimak Bahasa Inggris untuk anak semenjak dini sangatlah penting. Anak Anda bakal mudah menyimak dalam Bahasa Inggris dengan pengucapan yang benar asalkan memakai metode yang tepat. Salah satu cara yang dapat Anda pakai dalam mengajarkan menyimak Bahasa Inggris ialah dengan memakai metode fonik. Berikut ini ialah 6 guna metode fonik dalam mengajarkan menyimak Bahasa Inggris.

Mengenalkan nama-nama huruf dan bunyi

Salah satu guna metode fonik dalam mengajar menyimak Bahasa Inggris ialah metode ini dapat memperkenalkan anak kita pada alfabet dan sekian banyak bunyi. Bahasa Inggris mempunyai 26 huruf alfabet, 21 bunyi vokal, dan 22 bunyi huruf konsonan. Anda dapat mengajarkan si kecil huruf alfabet dan sekian banyak jenis bunyi huruf dalam Bahasa Inggris. Setelah itu, Anda dapat meminta anak Anda guna merangkai sejumlah kombinasi huruf konsonan dan vokal untuk menyusun kosakata dalam Bahasa Inggris.

Mengenalkan kata dan kalimat secara langsung

Manfaat cara fonik dalam proses melatih Bahasa Inggris ialah mempermudah Anda guna mengenalkan ucapan-ucapan dan kalimat secara langsung tanpa mengeja. Bunda dapat menggunakan cara ini dengan teknik mengajarkan ucapan-ucapan atau kalimat-kalimat Bahasa Inggris secara keseluruhan, bukan per bunyi dari huruf. Anak Anda bakal melihat sekian banyak kosakata di kartu, memperhatikan kosakata yang diucapkan, dan mengulangi pengucapan kosakata tersebut. Anak Anda bakal mendapatkan pemahaman arti dari kosakata tersebut.

Memiliki keterampilan untuk memanipulasi kata

Manfaat lainnya dari memakai metode fonik guna mengajarkan menyimak Bahasa Inggris ialah metode ini memudahkan anak Anda guna mendengar dan memanipulasi bunyi dalam ucapan-ucapan yang dibacakan sehingga anak Anda bakal lebih gampang membaca ucapan-ucapan Bahasa Inggris. Contohnya, Anda dapat menggantikan bunyi huruf c dari kata ‘cake’ menjadi bunyi huruf t dari kata ‘take’. Kedua kata itu mempunyai bunyi akhir yang sama. Yang membedakannya ialah bunyi awal.

Menyesuaikan dengan kerja otak

Metode fonik ini lumayan mudah dilaksanakan dan dicocokkan dengan kinerja benak anak Anda. kita tidak bakal merasakan kendala menggunakan cara ini. Dengan media berupa huruf dan gambar yang dapat dibeli atau diciptakan sendiri, Anda dapat mengajarkan menyimak Bahasa Inggris secara perlahan. kita juga dapat membatasi pengajaran pada sejumlah bunyi dan kata.

Mengucapkan kata dengan benar

Kebanyakan penulisan kata Bahasa Inggris bertolak belakang dengan teknik pengucapannya. Manfaat cara fonik ini ialah anak Anda dapat merangkai pengucapan kosakata Bahasa Inggris dengan baik dan benar menurut bunyi yang sudah dipelajari. Jika kita terus memakai metode fonik ini, anak Anda dapat merangkai bunyi-bunyi huruf hingga si kecil dapat menyimak kalimat dalam Bahasa Inggris. Berikan pelajaran membaca berupa ucapan-ucapan pilihan atau kalimat simpel untuk mengajar mereka membunyikan ucapan-ucapan atau kalimat tersebut. Lakukan secara teratur sampai anak Anda menyimak dengan lancar.

Menghafal huruf dan bunyi

Dengan memakai metode fonik ini, anak Anda bisa menghapal huruf dan sekian banyak bunyi dalam Bahasa Inggris. Metode ini pun menyenangkan dan gampang untuk dilakukan. Anak Anda bakal melihat format dari bunyi dan huruf alfabet dalam format flashcard sampai-sampai si kecil akan gampang mengingatnya. Di samping itu, Anda dapat mengajak si kecil mengerjakan permainan dalam Bahasa Inggrissehingga anak kita tidak bakal merasa bosan.

Baca Juga :