Jurus supaya Bisa Tembus PTN Top

    HomePendidikan Jurus supaya Bisa Tembus PTN Top

Jurus supaya Bisa Tembus PTN Top

admin

Jurus supaya Bisa Tembus PTN Top

Masuk Perguruan Tinggi Negeri menjadi khayalan mayoritas pelajar yang telah menuntaskan masa SMA-nya. Di antara mereka bahkan telah mengekor Bimbingan Belajar (Bimbel) sejak ruang belajar X (kelas 1 SMA) dengan asa nantinya dapat lolos Ujian Nasional dengan nilai tinggi dan diterima di PTN favorit. Tapi belajar saja tidak cukup. Ada sejumlah hal yang harus dilakukan supaya bisa tembus PTN. Apa saja? Berikut 8 jurusnya:

1. Jangan Pernah Mengharapkan Jalur Undangan
Kesalahan nomor satu guna orang-orang yang tidak berhasil masuk PTN idamannya ialah mengharapkan sesuatu yang tidak pasti. Mereka menginginkan jalur undangan dan menjadi lengah serta lalai guna belajar. Jalur undangan tersebut hanyalah bonus. Ketika kamu beranggapan akan diterima lewat jalur undangan, maka yang terjadi usaha belajar setengah-setengah. Saat tidak sukses mendapat jalur undangan, lagsung down, dan kian tidak semangat. Nah, yang begini mesti dihindari ya!

2. Ikut Bimbingan Belajar (Bimbel)
Usahakan guna ikut Bimbel SBMPTN sejak mula kelas XII. Di sini, anda akan diajar dan diserahkan materi mengenai soal-soal SBMPTN. Kamu juga dapat mengukur potensi diri salah satu saingan-sainganmu.

3. Be Strategic
Seringkali yang ‘menang’ bukanlah yang lebih pintar, namun yang lebih cerdas dan bijak. Di SBMPTN , kepintaran sangat mempengaruhi. Maksud dari kecerdasan ialah bagaimana anda menyusun urutan kampus dan jurusan yang anda inginkan. Carilah titik ekuilibrium antara nilai try-out yang anda punya dengan passing grade yang terdapat pada tahun sebelumnya. Kalau nilai try out 40, kamu dapat memilih jurusan yang passing grade-nya 44-38.

4. Be Obssessed
Apabila anda “bisa terobsesi’ guna masuk PTN yang diinginkan, maka anda pasti dapat masuk PTN itu. Obsesi bakal mendorong anda untuk melupakan yang beda kecuali PTN. Kamu akan menampik jalan-jalan bareng teman di hari weekdays atau pacaran ketika weekend. Kamu akan tidak jarang kali meyakinkan guna mendapatkan nilai sangat baik dan meraih peringkat teratas saat try-out.

5. Ciptakan Suatu Rutinitas
Rutinitas tersebut sangat penting. Buatlah rutinitas yang 80% di antaranya ialah belajar. Dengan kata lain, 24 jam dikurangi 8 jam guna tidur, saldo 16 jam. 18% dari 16 jam alias 12 jam ialah belajar masing-masing harinya. Kalau Bimbel sudah menguras 4 jam, maka belajar di lokasi tinggal sisanya. Dengan adanya rutinitas, kamu pun tidak akan menggali pelarian (main HP, terbit dengan teman) sebab otak telah terbiasa guna belajar.

6. Jangan Percaya Calo!
Jangan pernah percaya dengan ‘bayar-bayaran’ yang katanya dapat menjamin anda masuk PTN. Biasanya, mereka hanya lumayan mengandalkan anda yang belajar sendiri dan tes. Kalau anda masuk, mereka akan mohon jatah uang. Kalau anda tidak masuk, ya telah mereka hilang.

7. Tangani Stres dengan Baik
Punya teknik yang tepat dalam meng-handle stress tersebut benar-benar urgen dan masing-masing orang punya metodenya sendiri. Kamu mesti memahami bagaimana teknik kamu meng-handle stress. Cobalah ingat apa yang dapat membuat anda paling relaks, apa yang dapat membuat anda kamu sangat santai, yang dapat membuatmu nyaman, dan apa yang dapat menyemangatimu.

8. Jalur ke Roma Bukan Hanya Satu Jalur
Jalur masuk ke sebuah perguruan tinggi seringkali bukan hanya satu dan SBMPTN pun bukan jalan yang terakhir. Bersiaplah untuk berlomba di Jalur Mandiri yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi Negeri. Beberapa Jalur Mandiri dari sejumlah universitas misalnya: SIMAK UI, UTUL UGM, UM UNAIR, dan UM UNDIP.

http://www.sitedossier.com/site/www.pelajaran.co.id