Pentingnya Akselerasi Perguruan Tinggi Dan Pemerintah

    HomePendidikan Pentingnya Akselerasi Perguruan Tinggi Dan Pemerintah
Pentingnya Akselerasi Perguruan Tinggi Dan Pemerintah

Pentingnya Akselerasi Perguruan Tinggi Dan Pemerintah

admin

Pentingnya Akselerasi Perguruan Tinggi Dan Pemerintah

Pentingnya Akselerasi Perguruan Tinggi Dan Pemerintah

Pentingnya Akselerasi Perguruan Tinggi Dan Pemerintah

Ikatan Alumni Universitas Pasundan Koordinator Daerah (IKA Unpas Korda) III Cirebon

ungkapkan pentingnya akselerasi Pemerintahan daerah Kab/Kota dengan Perguruan Tinggi dalam rangka mewujudkan Ketahanan Nasional.

Menurut Ketua IKA Unpas Korda III Cirebon Dr. H. Sugianto, setidaknya ada 2 landasan hukum yang mengatur tentang pentingnya akselerasi Perguruan Tinggi dengan Pemda.

Pertama, UU no 12 tahun 2012 pasal 83 ayat 2 disebutkan Pemerintah Daerah dapat memberikan dukungan dana Pendidikan Tinggi yang dialokasikan dalam APBD. Kedua di UU yang sama, dalam Pasal 79 disebutkan Pemerintah memfasilitasi kerja sama antar Perguruan Tinggi dan Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha, Industri, Alumni, Pemda dan pihak lain.

Sugianto menilai, untuk mewujudkan sinergitas dan harmonisasi antar

Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah, dengan mengedepankan pentingnya hubungan berbasis Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) sebagaimana diamanahkan dalam peraturan perundang-undangan, tentunya Perguruan Tinggi dituntut berkontribusi dalam mewujudkan sinergitas dengan Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi.

“Tentunya bagaimana mewujudkan sebuah tantangan dalam era keterbukaan informasi harus ditanamkan dalam program unggulan yang dimiliki pemerintah,” ungkap Sugianto, Rabu (14/11).

Tak terkecuali IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bicara pengembangan IAIN Syekh Nurjati,

Sugianto yang kini juga sebagai Kandidat Rektor menilai, bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke depan akan dihadapi banyak tantangan.

IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai sebuah Perguruan Tinggi Negeri satu-satunya yang ada di Cirebon. Maka, sebagai PTN milik pemerintah, kata Ia, ada beberapa tantangan besar yang harus mampu diwujudkan oleh pimpinan (Rektor) ke depan.

Pertama, Bahwa kedudukan IAIN ada di Kota Cirebon bisa saja dalam rangka memperkokoh ketahanan nasional.

Kedua, Bahwa Pemda kab/kota yang ada di wilayahnya terhadap Perguruan Tinggi harus mendukung anggaran yang dialokasikan dalam APBD.

“Terlebih tuntutan untuk mengembangkan perguruan tinggi tersebut dalam rangka mewujudkan pembangunan SDM dan Pembangunan infrastruktur/fisik,” ujarnya.

Ketiga, Bahwa IAIN sebagai Perguruan Tinggi Negeri satu-satunya di wilayah III Cirebon, ke depan dapat membangun pengembangan Kampus II.

“Bisa saja melalui hibah tanah dari pemerintah daerah kab/kota maupun Pemerintah Propinsi Jawa Barat, harus diwujudkan,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://solopellico3p.com/penemu-fotografi-dan-kamera/