Cara Unik Pendidikan Anak Era Digital Versi Ringgo-Sabai

    HomePendidikan Cara Unik Pendidikan Anak Era Digital Versi Ringgo-Sabai
Cara Unik Pendidikan Anak Era Digital Versi Ringgo-Sabai

Cara Unik Pendidikan Anak Era Digital Versi Ringgo-Sabai

admin

Cara Unik Pendidikan Anak Era Digital Versi Ringgo-Sabai

Cara Unik Pendidikan Anak Era Digital Versi Ringgo-Sabai

Cara Unik Pendidikan Anak Era Digital Versi Ringgo-Sabai

Pasangan artis Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck sangat menikmati peran

mereka sebagai orang tua bagi Bjorka Dieter Morscheck, anaknya yang masih berusia 1 tahun. Di era digital, tentu membuat Ringgo dan Sabai ekstra kreatif dalam mengurus dan mendidik buah hatinya.

Cara unik yang dilakukan mereka berdua, adalah dengan membuat video-video lucu berisi tips-tips sederhana bagi anak dikemas dengan akting-akting komedi yang segar. Video-video itu kemudian diunggah ke media sosial YouTube dan bisa ditonton oleh anaknya atau warganet.

“Video-video yang saya buat ini sangat sederhana. Misalnya bagaimana menghadapi anak pubertas, lalu anak cari pacar gimana, cara hadapi mertua. Enggak resmi-resmi banget,” kata Ringgo tertawa dalam Sun Life Edufair 2017 di Kota Kasablanka, Minggu (22/10).

Ringgo menjelaskan inspirasi itu dibuat karena dirinya hampir tak memiliki dokumentasi

atau foto diri semasa kecil. Ringgo mengaku bukan dari keluarga yang beruntung dan selalu mengabadikan setiap momen di masa kecil. Mumpung teknologi semakin canggih, Ringgo memanfaatkan hal itu dengan baik untuk buah hatinya.

“Rekam digital itu enggak akan pernah hilang. Kalau sudah masuk media sosial enggak akan bisa hilang sampai puluhan tahun ke depan. Dulu saya tak terdokumentasikan dengan baik, ada foto ulang tahun juga blur,” katanya tertawa.

Selain itu, Ringgo ingin video itu terus abadi ditonton oleh sang anak hingga tumbuh dewasa. Sehingga jika nanti kelak anaknya sudah mengerti, Bjorka bisa mengerti betapa cintanya orang tuanya dan disampaikan lewat video.

“Kan saya enggak tahu apakah keadaan saya nanti pas anak saya besar masih beruntung

seperti sekarang atau tidak.
Jadi saya punya video yang bisa menunjukkan pada anak bahwa kami sayang banget sama dia,” kata pemeran film Jomblo ini.

Bicara soal gadget dan digital, Ringgo tak terlalu cemas dengan perkembangan teknologi saat ini. Selama orang tua mendampingi anaknya dengan benar, maka gadget tak akan dibawa ke arah negatif. Ringgo menilai orang dewasa pun seringkali terbawa dampak negatif media sosial terkontaminasi dengan kabar bohong atau hoax.

“Kalau ngomong negatif, tentu ada pengawasan. Negatif pun dewasa bisa kemakan hoax. Makanya harus ada filter,” kata Ringgo.

Dia pun tak mau menggunakan gadget sebagai “alat tutup mulut” agar anaknya bisa tenang, asyik dan mudah diatur sehingga tak merepotkan orang tuanya. “Saya enggak mau jadikan gadget biar anak anteng, sesekali saja. Paling kalau dalam perjalanan jauh misalnya di pesawat. Tentu jika dia rewel enggak mungkin saya ajak main bola, barulah gunakan gadget biar anteng,” kata Ringgo.

 

Baca Juga :