Keuntungan menggunakan IP PBX

    HomePendidikan Keuntungan menggunakan IP PBX
Keuntungan menggunakan IP PBX

Keuntungan menggunakan IP PBX

admin

Keuntungan menggunakan IP PBX

Keuntungan menggunakan IP PBX

Keuntungan menggunakan IP PBX

Apa IP PBX?

Sebuah IP PBX adalah sistem telepon yang lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler.

Cara kerjanya

Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.

Keuntungan menggunakan IP PBX

1: Jauh lebih mudah untuk menginstal & mengkonfigurasi daripada sistem telepon proprietary:
Sebuah IP PBX bekerja sebagai perangkat lunak pada komputer dan dapat memanfaatkan semua kekuatan dari antarmuka komputer serta fitur Windows “. Siapapun yang mahir dalam jaringan dan komputer-dapat menginstal dan memelihara sebuah PBX IP. Sebaliknya sistem telepon proprietary sering memerlukan seorang teknisi yang terlatih pada sistem proprietary tertentu!

2: Lebih mudah untuk mengelola karena konfigurasi IP PBX menggunakan antar muka GUI berbasis web:
Sebuah IP PBX dapat dikelola melalui antarmuka konfigurasi berbasis web atau GUI, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudahmemelihara dan melakukan perubahan pada  sistem telepon Anda. Sistem telepon proprietary menggunakan antarmuka yang sering dirancang untuk digunakan hanya oleh teknisi telepon.

3: penghematan biaya yang signifikan menggunakan penyedia VOIP:
Dengan IP PBX Anda dapat dengan mudah menggunakan penyedia layanan VOIP untuk jarak jauh dan panggilan internasional. Menghemat pengeluaran bulanan secara signifikan. Jika Anda memiliki kantor cabang, Anda dapat dengan mudah menghubungkan sistem telepon antara cabang dan membuat panggilan telepon gratis.

4: Tidak perlu lagi kabel telepon!
Sebuah IP PBX memungkinkan Anda untuk menghubungkan ponsel hardware secara langsung ke port jaringan komputer standar (yang dapat berbagi dengan komputer yang berdekatan). Telepon perangkat lunak dapat diinstal langsung ke PC. Anda sekarang dapat membuangkabel telepon dan membuat, menambahkan atau memindahkanekstension jauh lebih mudah. Biasanya biaya instalasi dan harga kabel telepon bisa mencapai 10-20 persen dari harga PBX. Tinggalkan keruwetan kabel telepon dan buang semua biaya perkabelan telepon.

Terhindar dari ketergantungan vendor/Brand.PBX IP

didasarkan pada standar terbuka SIP. Anda sekarang dapat mencampur dan mencocokkan setiap perangkat keras atau perangkat lunak telepon SIP dengan IP PBX berbasis SIP, PSTN Gateway atau penyedia VOIP. Sebaliknya, sistem telepon proprietary sering membutuhkan key telpon dan/atau ponsel eksklusif untuk menggunakan fitur-fitur canggih, dan memerlukan modul tambahan dari brand yang sama untuk menambahkan fitur.

Scalable dan Expandable

Sistem proprietary seringkali sulit di kembangkan: Menambahkan saluran telepon atau ekstensi lebih sering membutuhkan modul perangkat keras yang mahal. Dalam beberapa kasus, anda membutuhkan sistem telepon yang sama sekali baru. Tidak demikian dengan IP PBX: komputer standar dengan mudah dapat menangani sejumlah besar saluran telepon dan ekstensi – hanya menambahkan ip phone ke jaringan Anda untuk menambah ekstensi!

Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Anda:

Dengan IP PBX Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas: Karena sistem telepon berbasis komputer Anda dapat mengintegrasikan fungsi telepon dengan aplikasi bisnis. Sebagai contoh: dengan Caller Id, anda dapat menerima telepon dengan memanggil namanya, secara dramatis meningkatkan layanan pelanggan dan pemotongan biaya dengan mengurangi waktu yang dihabiskan pada setiap pemanggil. Panggilan keluar dapat ditempatkan secara langsung dari Outlook, menghilangkan kebutuhan bagi pengguna untuk mengetikkan nomor telepon.

Sumber : https://icanhasmotivation.com/contoh-makalah-kerangka-karangan/