Pengertian puisi

    HomePendidikan Pengertian puisi
Pengertian puisi

Pengertian puisi

admin

Pengertian puisi

Pengertian puisi

Pengertian puisi

Pengertian puisi dan unsur unsur puisi

Terdapat banyak ahli dibidang sastra yang memberikan pengertian puisi. Salah satunya adalah James Reeve bahwa pengertian puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat. Selanjutnya pengertian puisi oleh Herbert Spencerbahwa puisi adalah bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengam mempertimbangkan efek keindahan. Selanjutnya oleh Thomas Carlyle mengatakan bahwa pengertian puisi merupakan ungkapan pikiran yang bersifat musikal. Hal ini serupa dengan pengertian puisi oleh Dunton. Dunton berangapan bahwa pengertian puisi adalah pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa serta berirama (seperti musik). Sebuah puisi mengespresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan yang merangsang imajinasi pancaindera dalam susunan yang beirama. Semua hal tersebut penting dan terekam serta diekspresikan, dinyatakan dengan memberi kesan dan menarik.

Menurut Pradopo pengertian puisi adalah

rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam bentuk wujud yang paling berkesan.
Pengertian puisi oleh Herman J. Waluyo (1992) yang merupakan rangkuman dari definisi puisi bahwa puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengosentrasian struktur fisik dan struktur batinnya.

Keindahan sebuah puisi disebabkan oleh diksi, majas, rima, dan irama

yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Adapun kekayaan makna yang terkandung dalam puisi disebabkan oleh pemadatan segala unsur bahasa. Bahasa yang digunakan dalam puisi berbeda dengan yang digunakan dlam sehari hari. Puisi menggunakan bahasa yang ringkas, akan tetpai kaya makna. Kata konotatif atau mengandung lebih dari satu penafsiran dan pengertian yang sering digunakan dalam puisi.
Menurut Horatius, seorang kritikus romawi mengatakan bahwa pengertian puisi haruslah indah dan menghibur (dulce) dan sekaligus puisi juga berguna dan mengajarkan sesuatu (utile). Selanjutnya oleh William Wordsworth seorang penyair Romantik Inggris bahwa pengertian puisi adalah suatu luapan spontan dari perasaan perasaan yang kuat – a spotaneous overflow of powerful feelings. Selanjutnya Roman Jacobson seorang ahli linguistik bahwa fungsi puisi adalah mengarahkan segenap upaya dan perhatian pada unsur unsur teks itu sendiri.