Biografi Max Karl Ernst Ludwig Planck : Penemu Teori Kuantum

    HomePendidikan Biografi Max Karl Ernst Ludwig Planck : Penemu Teori Kuantum
Biografi Max Karl Ernst Ludwig Planck

Biografi Max Karl Ernst Ludwig Planck : Penemu Teori Kuantum

admin

Biografi Max Karl Ernst Ludwig Planck : Penemu Teori Kuantum

Biografi Max Karl Ernst Ludwig Planck

Max Karl Ernst Ludwig Planck (23 April 1858 – 4 Oktober 1947) adalah seorang fisikawan Jerman yang dikenal sebagai penemu teori kuantum. Lahir di Kiel, Planck memulai karir fisikanya di Universitas Munchen di tahun 1874, lulus pada tahun 1879 di Berlin. Dia kembali ke Munchen pada tahun 1880 untuk mengajar di universitas itu, dan pindah ke Kiel pada 1885. Di sana ia menikahi Marie Mack pada tahun 1886. Pada tahun 1889, dia pindah ke Berlin, di mana sejak 1892 dikenal sebagai penemu teori fisika.
Pada 1899, dia menemukan sebuah konstanta dasar, yang dinamakan konstanta Planck, dan sebagai contoh, digunakan untuk menghitung energi foton. Juga pada tahun itu, dia menjelaskan unit Planck yang merupakan unit pengukuran berdasarkan konstanta fisika dasar. Satu tahun kemudian, dia menemukan hukum radiasi panas, yang dinamakan Hukum Radiasi Benda Hitam Planck. Hukum ini menjadi dasar teori kuantum, yang muncul sepuluh tahun kemudian dalam kerja samanya dengan Albert Einstein dan Niels Bohr.
Dan dua asumsinya yang utama yang merupakan awal dari teori kuantum adalah mengenai sifat molukel-molukel yang berosilasi dari dinding rongga benda hitam, yaitu:
1). Molukel-molukel yang berosilasi mempunyai energi En yang sebanding dengan suatu kelipatan bilangan bulat positif n dari frekuensi osilasinya f.
2). Emisi dan absorpsi radiasi diasosiasikan dengan transisi atau loncatan antara dua tingkat energi itu; olehnya osilator kehilangan atau memperoleh energi dengan cara memancarkan (emisi) atau menyerap (absorpsi) masing-masing sejumlah energi radiasi tertentu yang dinamakan sebuah kuantum energi radiasi yang besarnya hf.
Max Karl Ernst Ludwig Planck meninggal dunia pada 4 Oktober 1947. Baca Juga : https://www.gurupendidikan.co.id/surat-kuasa/