Passion dan Mindset Modal Jadi Pemimpin

    HomePendidikan Passion dan Mindset Modal Jadi Pemimpin
Passion dan Mindset Modal Jadi Pemimpin

Passion dan Mindset Modal Jadi Pemimpin

admin

Passion dan Mindset Modal Jadi Pemimpin

 

Passion dan Mindset Modal Jadi Pemimpin

Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan

Sebanyak 30 peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mendapatkan motivasi dari Wali Kota Bogor Bima Arya di Hotel Bahtera, jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (14/08/2017). Dalam paparannya Bima mengatakan, esensi dari diklat ini untuk memotivasi pegawai agar berkembang dan berubah menjadi lebih baik. “Berubah dan berkembang itu potensi manusia, tanpa potensi itu tidak akan ada pelatihan,” jelas Bima.

Bima menekankan

Selama masih hidup jangan pernah berhenti belajar. Jika sudah mempunyai paradigma itu, maka akan menjadi seseorang yang berbeda dengan yang lain. Pasalnya, berhasil atau tidaknya seseorang mencapai puncak berasal dari dirinya sendiri. Namun, masih banyak orang yang tidak percaya dengan kemampuannya sendiri yang pada akhirnya menggunakan cara melobi atau “titip menitip”.  “Mereka yang tidak percaya diri itu sebenarnya karena tidak punya passion dan mindset untuk maju jadi mengandalkan orang lain,” terangnya.

Menurut Bima

Orang yang maju pasti seseorang dengan passion yang tidak pernah padam, sehingga dimanapun ia ditempatkan selalu mengeluarkan aura optimisme. Biasanya mereka orang yang tidak pernah kasak-kusuk, tetapi kerjanya luar biasa. Ibarat sebuah berlian walaupun ada di dalam lumpur sekalipun akan tetap terlihat. “Tidak hanya passion, seorang pemimpin haruslah memiliki Growth mindset, jangan fixed mindset dan berfikirlah positif,” imbuhnya.

Kasubid Diklat Kepemimpinan

Sementara itu Kasubid Diklat Kepemimpinan dan Fungsional Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor Raden Kodarisman mengatakan, peserta diklatpim ini berasal dari Kasi, Kasubag, Kasubid di dinas ataupun di wilayah. Pada diklatpim ini target yang ingin diraih dari peserta yakni, mereka dapat membuat inovasi dalam menyelesaikan permasalahan di tempat bekerjanya. Pasalnya, sebagai pejabat eselon IV, baik IV A ataupun IV B harus memiliki kompetensi dan wawasan sesuai jabatannya sehingga dapat memimpin dengan tanggung jawab.

“Mereka nanti diharuskan membuat laporan isu strategis penyusunan proyek perubahan yang kemudian bisa diterapkan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” pungkasnya.

Sumber : https://symbiantweet.com/