BAGIAN-BAGIAN JANTUNG DAN FUNGSINYA

    HomePendidikan BAGIAN-BAGIAN JANTUNG DAN FUNGSINYA
BAGIAN-BAGIAN JANTUNG DAN FUNGSINYA

BAGIAN-BAGIAN JANTUNG DAN FUNGSINYA

admin

BAGIAN-BAGIAN JANTUNG DAN FUNGSINYA

BAGIAN-BAGIAN JANTUNG DAN FUNGSINYA

BAGIAN-BAGIAN JANTUNG DAN FUNGSINYA

1. Aorta

Aorta yakni arteri terbesar dalam tubuh. Letaknya di potongan atas jantung. Fungsi aorta yakni untuk membawa darah yang mengandung oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.

2. Vena Kava Superior

Vena kava superior (vena cava) yakni vena besar dalam tubuh. Letaknya juga di potongan atas jantung. Fungsi vena kava superior yakni untuk membawa kembali darah kaya karbon dioksida dari seluruh badan potongan atas ke jantung.

3. Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis yakni arteri yang mengangkut darah dari jantung ke paru-paru. Fungsi arteri pulmonalis yakni untuk mengganti karbon dioksida dan uap air yang ada di dalam darah dengan oksigen. (http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-ideologi-negara-dan-fungsinya/)

4. Katup Aorta

Katup aorta yakni katup yang memisahkan ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan tekanan darah pada kedua sisi katup menimbulkan katup sanggup terbuka dan tertutup. Fungsi katup aorta yakni untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah.

5.  Atrium

Atrium yakni bentuk jamak dari atria yang sama artinya dengan serambi. Terdapat dua atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium dua ruangan teratas dari empat ruang utama pada jantung. Fungsi atrium kiri yakni adalah mendapatkan darah dari paru-paru yang kaya oksigen dan membawanya ke ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan yakni mendapatkan darah dari seluruh badan yang kaya akan karbon dioksida kemudian membawanya ke ventrikel kanan.

6. Vena pulmonalis

Vena pulmonalis yakni vena yang membawa darah kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di atrium kiri. Ukurannya lebih kecil dari vena cava dan terdiri dari vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri. Fungsi vena pulmonalis yakni untuk membawa darah kaya oksigen kembali ke jantung untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

7. Katup Trikuspidalis

Katup trikuspidalis atau katup trikuspid yakni katup yang terdiri dari dari tiga daun katup. Katup ini sanggup terbuka jikalau sistole berkontraksi dan sanggup menutup kembali. Fungsi katup trikuspidalis yakni untuk memisahkan atrium kanan dan ventrikel kanan dan membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

8. Katup Mitral

Katup mitral atau bicuspid yakni katup yang memisahkan atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini sanggup terbuka dikala darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke ventrikel kiri. Fungsi katup mitral yakni untuk mencegah darah yang telah berada di ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

9. Ventrikel

Ventrikel yakni dua ruang kosong dari empat ruang di potongan bawah jantung. Ventrikel juga disebut bilik. Ada dua macam ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan). Fungsi ventrikel yakni untuk mendapatkan darah dari atrium kemudian membawanya keluar dari jantung. Fungsi ventrikel kiri yakni mendapatkan darah dari atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. Fungsi ventrikel kanan yakni mendapatkan darah dari atrium kanan dan membawanya ke paru-paru.

10. Vena Kava Inferior

Vena kava inferior atau vena cava inferior yakni vena terbesar dalam badan manusia. Fungsi vena kava inferior yakni membawah darah dari potongan bawah badan ke atrium kanan jantung.
Selain bagian-bagian yang disebutkan dalam gambar anatomi di atas, berikut yakni beberapa potongan lain jantung manusia:

11. Katup Atrioventrikular

Katup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler yakni katup yang terletak di antara atrium dan ventrikel. Fungsi katup atrioventrikular yakni untuk menciptakan darah hanya sanggup mengalir dari atrium ke ventrikel.

12. Dinding Jantung

Dinding jantung yakni potongan terluar yang melapisi jantung. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu endokardium (terdalam), miokardium (bagian tengah), dan epikardium (terluar). Endokardium terdiri dari epitel pipih selapis. Miokardium terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Epikardium yakni sebuah membran fibrosa. Fungsi dinding jantung yakni menciptakan jantung berdetak dan mencegah biar jantung tidak bocor.