Kelulusan CPNS Rendah Berdampak Pada Tenaga Pendidik dan Kesehatan

    HomePendidikan Kelulusan CPNS Rendah Berdampak Pada Tenaga Pendidik dan Kesehatan

Kelulusan CPNS Rendah Berdampak Pada Tenaga Pendidik dan Kesehatan

admin

Kelulusan CPNS Rendah Berdampak Pada Tenaga Pendidik dan Kesehatan – Ketersediaan tenaga pendidik dan kesehatan dijamin terkena akibat bersangkutan rendahnya tingkat kelulusan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Pasalnya lowongan CPNS tahun ini memang didominasi kedua susunan tersebut.

Kondisi ini menciptakan tujuan untuk meningkatkan tenaga pendidik dan kesehatan sulit menjangkau target. Ditambah lagi tahun bakal ada aparatur yang pensiun.

“Pasti terdampak. Tenaga edukasi dan kesehatan dapat kosong. Lowongan kan memang paling tidak sedikit untuk kedua tersebut di daerah,” kata Kepala Biro (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Rabu (14/11/2018).

Seperti diketahui, lebih dari setengah dari 238.015 lowongan CPNS 2018 itu diperuntukan guna tenaga pendidik. Dimana guna lowongan guru dan dosen dimulai 122 ribuan. Dari jumlah tersebut, 88.000 guna guru ruang belajar dan mata latihan di instansi pemerintah daerah.

Sementara itu, tenaga kesehatan menduduki urutan kedua susunan terbanyak. Dimana guna tahun ini pemerintah bakal membuka 60.315 lowongan baik guna dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis/paramedis.

“Sementara, tingkat kelulusan di wilayah sangat rendah. Untuk susunan umum di distrik Barat kelulusan melulu 3,7%. Lalu distrik Tengah 2,2% dan Timur 1,5%. Itu tingkat kelulusan susunan umum di daerah,” jelasnya.

Dia juga mengakui tidak sedikit daerah tentu mengeluhkan urusan ini. Pasalnya pemerintah daerah (pemda) bercita-cita dengan seleksi CPNS 2018 ini bisa mengisi kelemahan tenaga guru dan kesehatan.

“Pasti lah mengeluh. Kan data telah masuk. Jadi pemerintah membuat kepandaian baru semata-mata supaya tidak terdapat kekosongan dan bisa menjauhkan program pemerintah,” ungkap Ridwan.

Sumber: sekolahan.co.id