Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Play Store

    HomeTekno Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Play Store
Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Play Store

Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Play Store

admin

Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Play Store

Google melalui sarana Play Store di Android miliki segudang aplikasi dan game yang dapat Anda download secara gratis. Sayangnya, ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memasukkan sebagian aplikasi palsu demi keuntungan mereka sendiri.

Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Play Store

Aplikasi palsu yang muncul di Play Store biasanya menyamar sebagai aplikasi atau game terkenal. Jika pengguna men-download-nya, aplikasi tersebut dapat meminta data-data pengguna, meminta akses tertentu, lebih-lebih tak jarang dapat membawa dampak smartphone tersebut jadi penuh iklan.

Karenanya, kali ini kita dapat share tips untuk membedakan mana aplikasi formal dan palsu yang ada di Google Play Store. Bagaimana caranya? Anda dapat mencoba salah satu siasat tersebut ini.

1. Nama aplikasi

Seperti yang diketahui, aplikasi palsu biasanya menyamar sebagai salah satu aplikasi yang memadai terkenal. Baik untuk nama maupun logo, mereka dapat berusaha membuatnya sama seperti aslinya untuk membawa dampak pengguna bingung kala inginkan men-download aplikasi resminya.

Karenanya Anda perlu benar-benar menegaskan lebih pernah nama berasal dari aplikasi atau game yang inginkan Anda download. Lalu Anda cocokkan bersama dengan yang ada di Play Store, pastikan namanya tidak salah.

2. Nama developer

Selain nama aplikasi, nama developer juga perlu diperhatikan sebelum saat men-download aplikasi. Aplikasi palsu muncul di Play Store bersama dengan nama developer yang memadai aneh. Misalnya aplikasi Facebook Messenger yang pastinya diciptakan oleh Facebook, bukan yang lain. Jika menyimak lebih detail, perihal salah download kemungkinan tidak dapat terjadi.

3. Review & rating

Selanjutnya adalah menyimak rating. Beberapa korban yang pernah men-download dan mengerti bahwa aplikasi tersebut ternyata palsu kemungkinan dapat memberi tambahan rating dan simak yang tidak baik di halaman Google Play Store. Untuk mempermudah pengecekan, Anda dapat menyortir simak tersebut berdasarkan yang paling baru atau yang paling membantu.

4. Jumlah download

Aplikasi formal tentu miliki jumlah download yang lebih tinggi berasal dari aplikasi palsu, lebih-lebih jumlahnya dapat meraih jutaan. Sedangkan aplikasi palsu biasanya miliki total download ratusan hingga ribuan saja sebelum saat selanjutnya aplikasi tersebut dihapus berasal dari Google Play Store.

5. Screenshot

cara membobol wifi dengan android Terakhir adalah menyimak screenshot. Google dapat menindak developer yang manfaatkan screenshot bukan berasal dari aplikasi itu tersendiri, juga mengambil screenshot berasal dari aplikasi yang asli. Meski developer telah membawa dampak aplikasi bersama dengan tampilan mirip, tentu dapat ada suatu hal yang janggal berasal dari screenshot tersebut.