Tips Ajarkan Sih Kecil Agar Cinta Lingkungan

    HomePendidikan Tips Ajarkan Sih Kecil Agar Cinta Lingkungan

Tips Ajarkan Sih Kecil Agar Cinta Lingkungan

admin

Ada banyak sekali warisan yang dapat Anda beri untuk anak-anak tercinta sebagai bekal hidupnya nanti. Jadi, jangan sampai Anda salah, sebab tak hanya warisan yang berupa materi saja, dan pendidikan tinggi yang dapat And berikan pada anak, belak untuk cintai lingkungan juga mereka perlukan, sebab anak And adalah penerus untuk tetap menjaga dengan baik kelestarian lingkungan dan bumi, supaya tetap bersih dan nyaman ditinggali.

Tips Ajarkan Sih Kecil Agar Cinta Lingkungan

Tips Ajarkan Sih Kecil Agar Cinta Lingkungan

Membiasakan anak Anda untuk cinta lingkungan bisa dimulai dari rumah dan Anda sebagai contoh dari pembimbing anak Anda. Tak sulit kok untuk membiasakan anak Anda agar perduli dan cintai lingkungan hidupnya. Jika mereka memang sudah terbiasa memulai hal yang seperti ini dari rumah, maka nantinya mereka akan terus membawa kebiasan tersebut di sepanjang hidupnya.

Tips ajarkan sih kecil cinta lingkungan

Bertamsya ke alam bebas

Anak Anda nantinya akan lebih mudha melihat dan juga merasakan sendiri seperti apa sih lingkungan sehat tersebut, sehingga tak ada salahnya untuk mengajak anak Anda pergi bertamasya ke sebuah tempat yang masih pertahankan dengan baik sisi alaminya. Daripada pergi ke sebuah mall, sekali waktu Anda juga dapat mengajak sih kecil ke hutan lindung atau pun cagar alam.

Nah, dengan datang secara langsung seperti ini, maka Anda juga dapat menjelaskan fungsi dari hutan sebagai paru-paru penghasil oksigen, daerah resapan air dan juga berbagai kegunaan dari batang pepohonan. Jika Anda memang kebetulan lewati sungai kotor, maka Anda dapat menjelaskan dampak dari tercemarnya air sungai atau laut, termasuk halnya bahayanya yang akan timbul bila perairan digenangi dengan banyaknya sampah.

Anda adalah contoh bagi anak

Dikarenakan apa yang telah Anda ajarkan padanya adalah hal baik, maka Anda juga harus jadi contoh bagi anak Anda. Jangan sampai Anda berulang kali memberi nasihat untuk buang sampai di tempatnya, akan tetapi Anda sendiri buang sampah secara sembarangan.

Belajar menenam pepohonan

Keluarga Anda tentu ingin berpartisipasi di acara menanam pohon yang seringkali digalakkan berbagai lembaga pecinta lingkungan atau pemerintah. Membuat anak Anda mencintai pohon sebagai salah satu penopang kehidupan yang baik, pastinya Anda harus biasakan mulai dari kecil.

Apabila halaman depan rumah Anda tak cukup luas, maka Anda dapat memanfaatkan tanaman yang menggunakan tanaman yang menggunakan media pot. Ajak anak Anda untuk turut serta merawatnya, sebaiknya bila yang Anda tanamkan bisa hasilkan buah, contohnya saja pohon tomat.

Nah, itulah tadi sekilas informasi yang dapat kami bagikan tentang tips ajarkan sih kecil agar cinta lingkungan. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi. sumber : www.dosenpendidikan.com